Pembukaan Coway Water Quality Laboratory


Opening of Coway Water Quality Laboratory
21.11.2022

Kerja sama Coway Indonesia dan FTSL ITB menghasilkan water quality laboratory yang akan meningkatkan akses air minum berkualitas bagi masyarakat Indonesia


 

Jakarta, 4 November 2022 - Sebagian besar masyarakat Indonesia telah memiliki akses terhadap air minum. Namun, apakah akses air minum tersebut aman untuk dikonsumsi? Berdasarkan penelitian kualitas air di Indonesia, estimasi akses air minum aman nasional hanya sekitar 7% di tahun 2015 (Direktorat Perkotaan, Perumahan dan Permukiman Kementerian PPN/BAPPENAS, 2021) dan meningkat menjadi 11,9% di tahun 2020 (Kemenkes, 2022). Akses air minum dapat dikatakan aman jika memenuhi faktor aksesibilitas, kuantitas, kontinuitas, dan kualitas sesuai Permenkes No. 492 Tahun 2010. Namun, hanya sebagian kecil masyarakat Indonesia yang dapat mengakses air minum berkualitas.

Tantangan ini menarik perhatian PT Coway International Indonesia (Coway Indonesia), perusahaan solusi kehidupan terbaik dari Korea Selatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Sebagai bentuk dedikasinya, Coway berkolaborasi dengan Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan (FTSL) ITB dalam pembentukan Coway Water Quality Laboratory, merupakan Laboratorium internal yang memfasilitasi pengecekan kualitas air untuk calon pelanggan dan pemantauan kualitas air untuk pelanggan yang sudah menggunakan pemurni air (water purifier) Coway.

Analisis kualitas air minum di Coway Water Quality Laboratory mengacu kepada Permenkes No. 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum yang mencakup parameter fisik, kimiawi dan mikrobiologi. Fasilitas ini akan menunjang Coway untuk membantu konsumen dalam menentukan keputusan pada saat pra pemasangan water purifier Coway dan layanan tambahan yang diperlukan. Health Planner Coway yang telah dilatih akan mengambil sampel dari rumah pelanggan dengan menggunakan sampling kit khusus dari Coway Water Quality Laboratory untuk kemudian dilakukan pengujian.

ITB merupakan salah satu leading academic institution di Indonesia yang memiliki keahlian dan analis berpengalaman dalam mengelola laboratorium kualitas air terakreditasi. Hal ini menjadi dasar terpilihnya ITB sebagai mitra Coway dalam merintis Coway Water Quality Laboratory. Melalui kerja sama ini, Coway juga berkontribusi dalam bidang akademik dan riset dengan menyediakan data kualitas air dari beberapa daerah di Indonesia yang nantinya dapat digunakan oleh peneliti dari ITB untuk menganalisis karakteristik air tersebut.

Persiapan pembangunan Coway Water Quality Laboratory telah dimulai sejak kerja sama ini berlangsung pada 12 Mei 2022 dan kini mulai resmi beroperasi pada 1 November 2022. FTSL ITB yang diwakili oleh Rofiq Iqbal ST., M.Eng., PhD., selaku konsultan di bidang air minum juga turut membantu Coway dalam memberikan arahan serta rekomendasi dalam pelaksanaan analisis sampel air, “Kerja sama antara industri dan akademisi dalam segala bidang sangatlah penting, karena industri mengalami pengalaman dalam menghadapi banyak masalah yang ada di lapangan, sedangkan akademisi memiliki dasar ilmu dan teori dari permasalahan tersebut. Dengan kerja sama antara ITB dan Coway ini, kami berharap bisa berperan dalam penyelesaian permasalahan penyediaan air minum aman di Indonesia”, jelasnya.

Kerja sama ini sejalan dengan komitmen Coway dalam berinovasi mewujudkan lingkungan yang sehat dan nyaman. Hong In Hwa, Presiden Direktur Coway Indonesia mengungkapkan, “Didirikannya Water Quality Laboratory merupakan bentuk usaha kami dalam menghadirkan air yang berkualitas dan bermutu untuk dikonsumsi pelanggan setiap harinya. Sebagai perusahaan yang menyediakan produk pemurni air, higienitas air pelanggan tentunya menjadi prioritas yang utama.”

 

Source: Kompas.com


MORE NEWS


06.05.2021

Coway Indonesia Luncurkan Produk Pemurni Air Neo Plus CHP-264L


Coway Indonesia Launches Neo Plus CHP-264L Water Purifier Product this April 2021 with Baim Wong and Media
06.05.2021

Pentingnya Menjaga Sirkulasi Udara di Dalam Ruangan dengan Coway Air Purifier


The Importance of Maintaining Indoor Air Circulation with a Coway Air Purifier