Tips Jaga Tubuh Tetap Fit dan Sehat di Bulan Suci Ramadan


Puasa Sehat Bersama Coway Water Purifier dan Air Purifier
30.03.2023

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Khususnya, momen puasa yang merupakan waktu istimewa untuk melakukan amal ibadah dan berbuat baik kepada sesama. 

 

Kondisi tubuh yang lemas, letih, dan lesu umum dialami saat berpuasa. Menahan haus dan lapar seharian menyebabkan penurunan kadar gula darah di dalam tubuh sehingga tidak berenergi. Walaupun begitu, kondisi tubuh yang lemas hingga mengganggu aktivitas dapat dicegah. Berikut beberapa tips dan cara untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat di bulan suci Ramadan.

 

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

 

Tubuh manusia umumnya membutuhkan asupan air setidaknya 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas air putih. Sebab, 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Jika tubuh kekurangan cairan, fungsi-fungsi tubuh akan terhambat dan mengakibatkan tanda-tanda dehidrasi seperti rasa haus yang ekstrem, mulut kering, pusing, lemas, serta sulit fokus.

 

Menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan, kebutuhan air putih harus tetap terpenuhi di bulan puasa dengan mengonsumsi 8 gelas air putih. Perlu diperhatikan pula, air yang dikonsumsi harus memenuhi standar kualitas air minum yang telah diatur dalam Permenkes No. 2 Tahun 2023. Syarat-syarat air yang baik untuk diminum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, serta tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya dan logam berat. Hal ini merupakan poin-poin yang sangat penting untuk diketahui sehingga kita dapat memastikan bahwa air yang kita minum memiliki kualitas yang baik.

 

Untuk memenuhi kebutuhan air minum aman dan sehat bagi masyarakat Indonesia, Coway, Perusahaan Pemurni Air dan Udara No. 1 Korea Selatan hadirkan water purifier yang dikembangkan di Research and Development (R&D) Center di Korea Selatan dan telah dipercaya TÜV SÜD untuk menjalankan tes Restriction of Hazardous Substances (RoHS) atau tes Pedoman Pembatasan Bahan Berbahaya. Water purifier Coway menggunakan sistem filtrasi Reverse Osmosis (RO) yang mampu menyaring partikel hingga 0,0005 mikrometer sehingga air yang dihasilkan aman dan bebas mikroplastik. Terlebih, produk Coway telah menerima sertifikasi Halal dari JAKIM pada tahun 2010 untuk seluruh bagian produk, termasuk filter. Hal ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan sebagai merek pemurni air internasional pertama bersertifikat halal untuk memastikan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan  Muslim terhadap produk Coway. Oleh karena itu, Coway Water Purifier menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan air selama puasa agar terhindar dari dehidrasi.

 

Ombak-KV-Printing-CMYK-Flaten (1) (1)

Coway Ombak Air Purifier

Sumber:  Arsip PT. Coway International Indonesia

 

2. Memilih Asupan Saat Sahur dan Berbuka Puasa

 

Penting bagi kita untuk memilih jenis makanan dan minuman yang tepat saat sahur maupun berbuka puasa. Selain untuk bekal seharian berpuasa, pemilihan asupan yang bergizi dan bernutrisi dapat menjaga tubuh tetap bugar dan lebih berenergi saat menjalani ibadah puasa.

 

Saat sahur, pilihlah makanan bergizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Makanan tersebut juga dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus. Sebaliknya, hindari atau batasi makanan yang digoreng karena dapat membuat tubuh cepat haus. Tak lupa, kebutuhan serat dari buah dan sayur juga harus dipenuhi untuk memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula. 

 

Saat berbuka puasa, mulailah dengan minum segelas air putih dan kudapan manis yang berasal dari buah-buahan seperti kurma, semangka, dan jeruk. Konsumsi kudapan manis dapat menaikkan kembali kadar gula darah yang turun selama puasa. Hindari pula makan berlebihan, karena dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan.

 

3. Mengatur Aktivitas Fisik

 

Menurut World Health Organization (WHO), aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dianjurkan untuk dilakukan secara teratur. Anak-anak hingga usia 17 tahun membutuhkan setidaknya 60 menit olahraga intensitas sedang hingga berat setiap hari. Sedangkan, orang dewasa (18-64 tahun) disarankan untuk melakukan aktivitas fisik selama 75-150 menit latihan aerobik berat setiap hari.

 

Saat berpuasa, tubuh mungkin terasa lemas dan mudah lelah. Meski begitu, bukan berarti tidak dapat melakukan olahraga sama sekali. Kita dapat mengatur aktivitas fisik sehingga simpanan energi di dalam tubuh dapat terjaga dan puasa berjalan lancar. Agar tidak menguras tenaga, disarankan untuk menghindari aktivitas fisik yang terlalu berat. Aktivitas fisik ringan seperti bersepeda, jalan kaki, dan yoga dapat dilakukan 30-60 menit sebelum berbuka puasa. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat dilakukan 60 menit setelah waktu berbuka puasa. Sebab, aktivitas setelah makan dapat memicu terjadinya rasa mual hingga gangguan pencernaan. Oleh karena itu, aktivitas fisik juga harus dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh.

 

4. Mengatur Pola Tidur

 

Selain melakukan aktivitas fisik, pengaturan pola tidur juga sama pentingnya. Pasalnya, pola tidur dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental manusia. Saat tidur, tubuh mengalami proses detoksifikasi dan memproduksi hormon-hormon imunitas yang mempengaruhi kinerja otak dan produktivitas. 

 

noble with bed - compressed

Coway NOBLE Air Purifier

Sumber:  Arsip PT. Coway International Indonesia

 

Agar dapat mengatur pola tidur saat puasa, kita harus membiasakan diri untuk memiliki jam tidur yang sama setiap hari. Saat sudah memasuki waktu tidur, hindari bermain ponsel maupun menonton film. Selain itu, kita juga dapat menciptakan suasana kamar nyaman dan tenang dengan menggunakan Air Purifier Coway. Penggunaan air purifier dapat menciptakan udara bersih di dalam kamar sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik. Dengan mengatur kualitas tidur, tubuh akan lebih segar sehingga tidak mudah mengantuk di siang hari.

 

 

 

----------------------------------------------------

Tentang Coway International Indonesia

 

Berdiri di Korea Selatan pada 1989, Coway, "Best Life Solution Company," telah diakui sebagai salah satu produsen home appliances terkemuka dan selalu menjadi brand terpercaya di Korea Selatan. Coway telah mendistribusikan Penjernih Udara dan Pemurni Air berkualitas dan telah memperluas area bisnisnya ke AS, China, Thailand, Malaysia, Vietnam sebelum akhirnya membuka bisnis di Indonesia pada tahun 2019.

 

Di tahun 2022, layanan Coway sudah tersedia di seluruh wilayah Jabodetabek, dan sudah meluas ke Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan. 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Careline (CS) : 1500 070 / 0812 8415 0070

Website : www.coway.id

Instagram : @coway_id

 


MORE NEWS


06.05.2021

Coway Indonesia Luncurkan Produk Pemurni Air Neo Plus CHP-264L


Coway Indonesia Launches Neo Plus CHP-264L Water Purifier Product this April 2021 with Baim Wong and Media
06.05.2021

Pentingnya Menjaga Sirkulasi Udara di Dalam Ruangan dengan Coway Air Purifier


The Importance of Maintaining Indoor Air Circulation with a Coway Air Purifier