Kenali 3 Sumber Polusi Udara dalam Ruangan yang Bahayakan Kesehatan


12.05.2023

Mereka yang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah atau ruangan kantor tidak serta merta terlindung dari paparan polusi udara. Dilansir dari National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), selain berasal dari limbah asap kendaraan dan industri di luar rumah dan gedung, polusi dapat bersumber dari dalam ruangan. Persentase polutannya bahkan dapat mencapai 60% dan berdampak negatif pada kesehatan. Dari mana saja asalnya? Kenali 3 sumber polusi udara dalam ruangan yang dirangkum Coway, perusahaan pemurni air dan udara No.1 Korea Selatan!

 

1. Zat Berbahaya dari Bahan Material Bangunan

Tidak banyak yang menyadari bahwa bahan bangunan seperti lem, fiberglass, asbes, material olahan kayu, dan komponen gedung lainnya juga jadi sumber polusi udara. Menurut American Lung Association, gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari bahan material ini dapat dirasakan dari gejala batuk, napas pendek, mual, pusing, hingga kelelahan. Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kandungan Volatile Organic Compounds (VOCs) pada cat yang dipakai dalam ruangan. Jika mengandung VOCs tinggi, kandungan komponen bahan kimia organiknya yang dapat menguap dan mencemari udara.

 

2. Buruknya Ventilasi Udara
Kontaminasi udara dapat terdeteksi dari saluran udara tempat berkembang biaknya jamur, bakteri, protozoa, dan mikroba lainnya. Kegiatan domestik seperti memasak atau yang berhubungan dengan pembakaran dan pemanasan juga menimbulkan polusi udara. Terlebih jika ventilasi di ruangan terbatas sehingga menghambat pertukaran udara dan masuknya udara segar. Idealnya, ruangan harus memiliki ventilasi silang dengan dua bukaan per ruangan. Namun jika hanya terdapat satu bukaan, membuka pintu atau jendela di ruangan lain agar sirkulasi udara tetap lancar.

 

3. Bahan Pembersih Ruangan
Kenyamanan ruangan tentunya bergantung pada kebersihan ruangan. Namun, bahan pembersih juga memiliki resiko mencemari udara karena terbuat dari bahan yang membahayakan pernapasan. Sebuah penelitian selama 20 tahun yang dilakukan Universitas Bergen di Norwegia terhadap 6.000 orang mengemukakan fakta menarik terkait bahaya zat kimia yang ada pada pembersih rumah. Profesor sekaligus ketua peneliti tim riset tersebut mengemukakan kekhawatirannya akan kerusakan kecil pada saluran pernapasan yang dapat terjadi secara bertahap dan akan berimbas pada penurunan fungsi paru dalam jangka panjang.

Image 4_Coway_Triple Power_AP

 

Meski sulit untuk dihindari, pemakaian air purifier atau pemurni udara Triple Power (AP-2318D) dari Coway dapat menjadi solusi dalam meminimalisir kontaminasi polusi dalam ruangan untuk menjaga kesehatan pernapasan. Seperti namanya, produk ini unggul dengan performa pemurnian udara yang kuat dari Triple Power System yang dapat menghisap udara dari 3 sisi; kanan, kiri, dan bawah. Baik untuk rumah atau kantor, air purifier ini dapat mencakup ruangan hingga seluas 80m2 tanpa mengonsumsi daya listrik berlebihan. Semakin menarik dengan fitur Air Quality Indicator yang dapat menunjukkan tingkat kualitas dalam ruangan secara real-time. Dilengkapi 4 sistem filtrasi yang terdiri dari Pre-filter, Fine Dust Filter, Deodorisation Filter, dan HEPA Filter– pengguna dapat menghirup udara bersih selama beraktivitas. Berdasarkan hasil tes dari South Korea Conformity Laboratories (KCLL), Pre-filter ampuh menyaring partikel besar seperti bulu hewan, pasir, dan debu. Debu halus dan mikroorganisme seperti jamur dapat terfiltrasi dengan Fine Dust Filter. Deodorisation Filter efektif menghilangkan bau serta gas berbahaya. Ditambah HEPA filter yang siap menangkal virus serta kuman yang terkurung dalam partikel udara.

Tidak heran jika air purifier Coway menjadi produk premium di pasaran. Seperti produk air purifier Coway lainnya, Triple Power telah memiliki jaminan mutu melalui uji sertifikasi dari Clean Air Certificate of Korea, International Electrical Safety Homey, serta ECARF Allergy Certificate. Dibandrol dengan harga Rp 8.500.000 (product only), pengguna dapat meningkatkan kualitas udara setiap harinya di rumah maupun kantor.

Coway juga menyediakan layanan gratis “Heart Service” berupa pencucian Pre-filter, penggantian filter secara periodik, pemeriksaan sensor tingkat polusi, dan pembersihan komponen luar. Layanan ini diberikan secara cuma-cuma bagi pembelian cicilan 36 bulan (Paket 36) dan cicilan 60 bulan (Paket 60).

Promo Fresh Air khusus produk Triple Power juga hadir di bulan Mei hingga Juni 2023. Pembelian metode tunai mendapatkan diskon 20% yang berlaku untuk pelanggan baru dan diskon 30% bagi pelanggan lama atau mereka yang sebelumnya telah melakukan pembelian produk Coway.

Promo ini juga menawarkan potongan cicilan Paket 36 dan Paket 60 untuk pengguna kartu kredit berupa diskon 6 bulan cicilan bagi pelanggan baru serta diskon 8 bulan cicilan bagi pelanggan lama.

 

 

 

Tentang Coway International Indonesia
Berdiri di Korea Selatan pada 1989, Coway, "Best Life Solution Company," telah diakui sebagai salah satu produsen home appliances terkemuka dan selalu menjadi brand terpercaya di Korea Selatan. Coway telah mendistribusikan Penjernih Udara dan Pemurni Air berkualitas dan telah memperluas area bisnisnya ke AS, China, Thailand, Malaysia, Vietnam sebelum akhirnya membuka bisnis di Indonesia pada tahun 2019.

Di tahun 2023, layanan Coway sudah tersedia di seluruh wilayah Jabodetabek, dan sudah meluas ke Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Careline (CS) : 1500 070 / 0812 8415 0070
Website : www.coway.id
Instagram : @coway_id


MORE NEWS


06.05.2021

Coway Indonesia Luncurkan Produk Pemurni Air Neo Plus CHP-264L


Coway Indonesia Launches Neo Plus CHP-264L Water Purifier Product this April 2021 with Baim Wong and Media
06.05.2021

Pentingnya Menjaga Sirkulasi Udara di Dalam Ruangan dengan Coway Air Purifier


The Importance of Maintaining Indoor Air Circulation with a Coway Air Purifier