10.06.2022

Coway Bekerja sama dengan FTSL ITB untuk Meneliti Kualitas Air Domestik

Coway Indonesia dan ITB Tandatangani Kesepakatan untuk Lakukan Penelitian dan Kerja Sama Laboratorium

Jakarta, 9 Juni 2022 -  PT Coway International Indonesia (Coway Indonesia) bersama dengan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Kamis, 12 Mei 2022 menandatangani MoU dan Kontrak Kerja Sama untuk melangsungkan penelitian dan berkolaborasi dalam pendirian Water Quality Laboratory. Prosesi penandatanganan turut dihadiri oleh Hong Inwha, Presiden Direktur Coway Indonesia, Dekan FTSL ITB, Ir. Edwan Kardena, Ph.D, dan Rofiq Iqbal, ST., M.Eng., Ph.D, selaku Asisten Profesor FTSL ITB. Kerja sama ini sejalan dengan visi Coway sebagai perusahaan Home Appliances yang hendak menghadirkan solusi hidup terbaik atau “Best Life Solution” bagi masyarakat Indonesia.

 

Perjanjian antara Coway Indonesia dan FTSL ITB meliputi kerja sama untuk melangsungkan penelitian sumber air domestik yang aman untuk dikonsumsi. Hasil dari penelitian ini berupa Water Map yang menyediakan informasi terkait kualitas air di daerah-daerah. Bentuk kerja sama lain yang disepakati adalah berkolaborasi di Water Quality Laboratory dengan melibatkan peneliti-peneliti dari FTSL ITB. Laboratorium ini dimaksudkan untuk menunjang proses pra-pemasangan unit Water Purifier sehingga pelanggan dapat merasa lebih aman saat mengonsumsi air Coway.

 

Air pada dasarnya merupakan kebutuhan dasar bagi rumah tangga dan memiliki peran yang substansial dalam kesehatan manusia. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia memaparkan bahwa Skor Indeks Kualitas Air (IKA) Indonesia sebesar 53,33 poin pada 2021. Nilai tersebut turun 0,2 poin dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar 53,53. Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT) tahun 2020 mengungkapkan akses kualitas air minum aman di Indonesia mencapai 11,9%, sementara target akses air minum aman Indonesia di 2024 adalah 15%. Menilik pada data-data tersebut, Coway bersama dengan peneliti dari ITB berkomitmen untuk menyediakan air minum yang aman untuk dikonsumsi lewat pengujian air yang akan dilakukan di Water Quality Laboratory Coway.

 

Pada kesempatan yang sama, Hong Inwha, Presiden Direktur Coway Indonesia menyampaikan, “Didirikannya Water Quality Laboratory merupakan bentuk usaha kami dalam menghadirkan air yang berkualitas dan bermutu untuk dikonsumsi pelanggan setiap harinya. Sebagai perusahaan yang menyediakan produk pemurni air, higienitas air pelanggan tentunya menjadi prioritas yang utama. Hal ini sejalan dengan misi Coway yang berkomitmen untuk terus berinovasi mewujudkan lingkungan yang sehat dan nyaman.”

 

Dekan FTSL ITB, Ir. Edwan Kardena, Ph.D turut mengungkapkan apresiasinya, “Kami memberikan dukungan positif terhadap kolaborasi yang terjalin antara Coway dan FTSL ITB. Dengan dibangunnya Water Quality Laboratory, peneliti kami juga turut memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan ilmunya sekaligus membantu meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang air yang layak dikonsumsi tubuh.” 

 

Rofiq Iqbal, ST., M.Eng., Ph.D, selaku Asisten Profesor FTSL ITB sekaligus konsultan untuk Coway Indonesia menambahkan, “Water Quality Laboratory merupakan bentuk nyata korporasi untuk bertanggung jawab secara ilmiah terhadap produk yang didistribusikan ke pasaran.  Hasil dari kerja sama ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan Water Map yang digunakan dalam treatability study berbagai jenis air baku di Indonesia. Ini akan menjadi informasi berharga bagi seluruh pemangku kepentingan di Indonesia dalam mengembangkan sistem penyediaan air minum yang layak dan ekonomis.”

 

Di Indonesia, Coway telah merilis lima produk Water Purifier, yaitu Ombak (CHP-7310R), Villaem (CHP-18AR), Neo Plus (CHP-264L), Cinnamon (P-6320R), dan Core (CHP-671R). Seluruh produk pemurni air tersebut dikembangkan di Research and Development (R&D) Center di Korea Selatan yang telah dipercaya TÜV SÜD untuk menjalankan tes Restriction of Hazardous Substance (RoHS) atau tes  Pedoman Pembatasan Bahan Berbahaya.

 

Terkait dengan teknologi filtrasi atau penyaringan, seluruh unit pemurni air Coway menggunakan sistem Reverse Osmosis (RO) yang dilengkapi dengan Anti Bacteria Filter untuk mencegah perkembangan mikrobakteria pada tangki penyimpanan air. Lebih lanjut, teknologi Reverse Osmosis (RO) Coway dapat menghilangkan kontaminan air seperti bahan kimia organik berbahaya, logam berat, mikroba, dan zat radioaktif. Sistem filterisasi RO ini juga mampu menyaring partikel hingga 0,0005 mikrometer serta mengurangi klorin dan Volatile Organic Compounds (VOC) pada air.

 

Untuk memastikan unit Water Purifier pelanggan berfungsi secara maksimal, Coway turut menyediakan layanan profesional CODY (Coway Lady) Heart Service yang akan melakukan kunjungan pemeliharaan dan penggantian filter sesuai dengan jadwal. Layanan CODY Heart Service ini sudah termasuk dalam paket pembayaran yang dipilih pelanggan.

 

Produk-produk Coway mulai dari Water Purifier, Air Purifier, dan Battery Bidet bisa dibeli dengan menghubungi careline Coway Indonesia di 1500070 atau WhatsApp 0812 8415 0070 pada hari Senin - Jumat pukul 09.00 - 18.00 dan Sabtu pukul 09.00 - 15.00 WIB. Untuk katalog produk dan info lebih lanjut, kunjungi https://ecatalog.coway.id/ atau instagram @coway_id.


SUBSCRIBE NOW!


Subscribe to Coway’s e-newsletter and get exclusive updates, offers, and more!

CONTINUE READING


06.05.2021

Coway Indonesia Luncurkan Produk Pemurni Air Neo Plus CHP-264L


Coway Indonesia Launches Neo Plus CHP-264L Water Purifier Product this April 2021 with Baim Wong and Media
06.05.2021

Pentingnya Menjaga Sirkulasi Udara di Dalam Ruangan dengan Coway Air Purifier


The Importance of Maintaining Indoor Air Circulation with a Coway Air Purifier